Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Wali Kota Sabang Raih Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2020

    Meunan,News id. Sabang 
    - Pemerintah Kota Sabang meraih penghargaan Nirwasita Tantra Award 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Penghargaan ini diberikan kepada Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom atas keberhasilan dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan serta program kerja yang dapat mengurangi risiko pencemaran lingkungan secara signifikan.

    "Ini merupakan capaian yang luar biasa, artinya kita sebagai kota wisata, selain indah dengan berbagai destinasi yang menarik, juga bisa menjaga kebersihan lingkungannya. Semoga kita bisa mempertahankan pencapaian ini dan bisa terus meningkatkannya, sehingga Sabang dapat menjadi kota wisata yang tidak hanya indah tapi juga bersih," kata Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom yang akrab disapa Tgk Agam, Sabtu (6/11/2021).

    Nirwasita Tantra adalah penghargaan Pemerintah Pusat kepada Kepala Daerah yang dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

    Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Sabang, Ir. Anas Fakhruddin mengatakan apresiasi ini berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kota Sabang Tahun 2020 yang merupakan salah satu indikator kinerja pengelolaan lingkungan hidup atas capaian-capaian pembangunan yang telah direncanakan dengan baik.

    Ada empat isu prioritas dan strategi dalam DIKPLHD Kota Sabang tahun 2020 yakni alih fungsi lahan, pencemaran lingkungan (sampah, sanitasi dan limbah), keterbatasan pengelolaan sumberdaya alam (sumber air) dan bencana alam dan non alam.

    Lebih lanjut dijelaskan, Kota Sabang menerima penghargaan ini bersama 13 Kab/Kota lainya di Indonesia. Penghargaan ini merupakan tahap awal untuk penilaian Nirwasita Tantra Award 2020 dan puncaknya nanti setiap daerah harus mempresentasikan programnya masing-masing.

    "Jadi disitu ada beberapa unsur rangkuman kegiatan dalam satu tahun, misalnya kegiatan pengecekan baku mutu air dan upaya mencegah pencemaran lingkungan," terangnya.(Red)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad


    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728